Departement Of Travel Agent

Siang guys hari ini saya bakal posting mengenai department-departement yang ada di dalam sebuah perusahaan perjalanan mari kita simak........... :)

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap perusahaan pasti memiliki susunan atau struktur organisasi atau departement yang dimana hal tersebut penting dalam pembagian tugas di dalam suatu perusahaan tersebut.
salah satunya seperti Perusahaan Travel Agent maupun Biro Perjalanan.
seperti yang kita ketahui bahwa APW dan BPW itu berbeda akan tetapi memiliki struktur organisasi yang hampir sama di karenakan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.
Berikut Gambar dari struktur organisasi APW dan BPW itu sendiri:
 Seperti bagan yang di atas hal itu mengambarkan bahwa setiap departement saling memberi Feedback atau saling bergantung satu sama lain.

1. Departement Of Product
Departement ini merupakan departement yang bertugas dalam menyusun sebuah produk atau paket wisata perjalanan yang nantinya akan di jual kepada potential client atau para wisatawan.
yang dimana dapat kita lihat dari bagan diatas departement of product merupakan perantara dari tour suppliers yang dimana hal tersebut akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

2. Marketing Departement 
untuk departement yang ini mereka mengurus bagian dari pemasaran produk dari perusahaan perjalanan mereka yang dimana selain memasarkan departement ini juga berfungsi sebagai media untuk mengetahui kemauan dari customer itu sendiri karena departement ini akan langsung berhadapan dengan customer ataupun biasannya melalui media telekomunikasi.

3. Departement Of Reservation
Hal yang dilakukan oleh departement of reservation ini adalah mereka akan melakukan reservasi atau booking segala jenis kebutuhan yang sudah menjadi paket wisata yang seperti akomodasi,transportasi,destinasi wisata dan lain-lainnya.

4. Accounting Departement 
Accounting departement bertugas dalam hal menghitung segala yang berkaitan dengan finansial dari harga tiket transportasi,akomodasi, dan segala hal yang berkaitan dalam paket wisata itu maupun gaji dari setiap karyawan dan staff yang ada, mereka lah yang mengklarisifikasikan semua hal itu.

5. Departement Of Operation 
Mereka yang berada di dept. ini bertugas dalam halnya ketika berada di lapangan atau ketika memandu para wisatawan yang sepertinya Tour Guide dan Tour Leader.
Perbedaan dari tour guide dan tour leader ialah pada tugas mereka tour leader hanya memberikan intruksi atau menyampaikan kegiatan aktivitas yang akan di lakukan dari para wisatawan itu sedangkan tour guide hanya mengantarkan para wisatawan ketempat destinasi wisata yang dimaksudkan.

6. General Affairs Departement 
Pengelolaan sumber daya manusia, promosi jabatan dan lainnya dalam hal operasional di atur oleh departement ini yang dimana departement ini mengurus semua masalah SDM dan penaikan jabatan.

maka dari semua hal itu dapat kita ketahui bahwa suatu departement itu sangat lah berguna dalam menjalankan suatu perusahaan.

Hanya itu yang dapat saya posting untuk hari ini and thanks for visiting my blog :) ~~~~~~~~~~~~~~~~



Komentar

Postingan Populer