Pemahanan Dasar Akuntansi

Siang sobat Blogger hari ini saya akan memposting mengenai Akuntansi yang merupakan pelajaran untuk memanajemen pendapatan suatu perusahaan, tapi yang akan saya jelaskan ini adalah dasar yang harus kita ketahui saat mempelajari akuntasi maka dari itu saya akan mengshare sedikit ilmu pengetahuan yang saya punya mari dari itu check it out.

Pertama-tama mari kita lihat bagan yang di bawah ini :


Akun Debet Kredit
Aktiva Bertambah Berkurang
Modal Berkurang Bertambah
Pendapatan Berkurang Bertambah
Utang Berkurang Bertambah
Beban Bertambah Berkurang

Akan saya perjelas lagi maksud yang di atas seperti yang kita lihat apa bila Aktiva bertambah maka dia ada di sisi debet dan apabila berkurang maka di sisi debet dan begitu juga sebaliknya untuk akun-akun yang tertera di atas dan untuk lebih memperjelasnya lagi akan saya jelaskan satu persatu akun yang di atas : 

1. Aktiva 
Aktiva adalah akun yang bersangkutan dengan segala jenis harta seperti bangunan,kendaraan,peralatan,perlengkapan,persediaan,dan juga hal yang bersifat finansial tetapi modal tidak termasuk di dalam akun aktiva karna modal bukanlah harta tetapi tetaplah investasi si pemilik saham. 

2. Modal
Seperti yang saya jelaskan modal hanya bentuk keuangan yang bersifat investasi yang di tanamkan si pemilik saham seperti Investasi,simpanan Bank, Modal Usaha dan lainnya lagi. 

3. Pendapatan 
Pendapatan adalah akun yang di tulis berdasarkan hasil penjualan yang di dapat dari usaha yang di jalankan seperti pendapatan penjualan,pendapatan jasa,pendapatan tidak langsung atau piutang dan lainnya lagi.  

4. Utang 
Utang adalah akun yang di dalamnya terkait dengan keuangan yang harus di bayar ketika membeli barang secara kredit maupun tidak secara tunai seperti utang dagang,utang peralatan,utang persedian, dan utang jenis lainnya lagi 

5. Beban 
Beban adalah segala jenis bentuk kewajiban yang harus di bayar yang dimana di dalam akun ini terkait dengan pajak bangunan,air,telepon,gaji karyawan,sewa kantor/bangunan dan lainnya lagi.

Dari semua penjelasan itu saya harap postingan saya kali ini bermanfaat bagi para pembaca blog ini.


~Thanks For Visiting My Blog Have A Nice Day~

Komentar

Postingan Populer